Penyakit tifus merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella. Kuman ini bisa bertahan lama di air yang kotor, makanan tercemar, dan alas tidur yang kotor. Tidak menutup kemungkinan siapa saja dapat menderita penyakit ini, termasuk juga bayi yang dilahirkan dari ibu yang terkena demam tifoid.

Ada baiknya penderita penyakit typus ini lebih memperhatikan makanan yang dikonsumsinya, agar pengobatan penyait typus yang dijalani lebih cepat. Untuk itu para penderita typus harus mengetahui apa saja makanan untuk penderita typus.

Makanan Untuk Penderita Typus

makanan untuk penderita typus ini bermanfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan penyakit typus tersebut. Penderita typus dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang lunak, makanan yang tidak pedas, kurangi konsumsi garam, dan bumbu-bumbu yang dapat me******** pencernaan. Penderita typus juga disarankan untuk tidak mengosongkan lambung, lebih baik makan sedikit-sedikit tapi rutin.

Adapun makanan untuk penderita typus yang baik untuk dikonsumsi misalnya, bubur, nasi tim dengan lauk-pauk telur, daging ayam, daging sapi yang dicincang halus. Jangan lupa juga sayuran yang rendah serat seperti wortel, labu siam, labu air yang dimasak menjadi berupa sup atau sayur bening.

ada juga buah-buahan yang sangat cocok untuk dikonsumsi oleh para penderita typus, seperti buah pisang, dan juga pepaya. Penderita typus juga sebaiknya tidak mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak gas misalnya kubis, sawi, nangka, dan durian. Karena buah dan sayur yang mengandung gas tersebut rentan sekali mengiritasi lambung, selain itu juga dapat memperberat kerja usus.

selain makanan untuk penderita typus diatas, ada juga minuman yang baik untuk penderita typus. Susu putih sangat disarankan untuk penderita typus, teh manis hangat dan air rebusan kacang hijau juga baik diminum, disamping minum air putih yang banyak agar pencernaan selalu bersih.