Results 1 to 2 of 2

Thread: 73 Kota Terkaya di Dunia

  1. #1
    ROLer New Comer
    Join Date
    Nov 2011
    Posts
    18
    Rep Power
    0

    73 Kota Terkaya di Dunia

    Tujuh kota di Eropa mendominasi daftar 10 kota terkaya di duni pada 2011 ini. Amerika Serikat menyumbang dua kota dan satu lagi dari Australia.

    Pemilihan kota terkaya di dunia ini dilakukan UBS (Union Bank of Switzerland), salah satu bank terbesar di dunia yang ada di Swiss, sepanjang 2011 ini.

    Kriteria yang dipakai cukup simpel, yakni berdasarkan pendapatan per kapita kaum pekerja secara rata-rata. Juga kenaikan gaji rata-rata setiap tahunnya.

    Tolak ukur lain yang dipakai adalah inflasi dan depresiasi nilai mata uang masing-masing negara. Jika pendapatan per kapita tinggi namun inflasi juga tinggi, sulit bagi kota itu untuk terpilih sebagai kota paling kaya.

    Misalnya, Kopenhagen pada 2009 berada di nomor satu sebagai kota paling kaya dengan pendapatan di atas 50 ribu dolar AS. Namun, pada 2011 ini, tingkat inflasi dan depresiasi mata uang yang terus melemah, melorotkan posisi Kopenhagen di ranking ke-3.

    Zurich dan Jenewa berada di urutan pertama dan kedua. Selain tingkat GDP per kapita yang berada di atas 70 ribu dolar AS per tahun, ekonomi kedua kota tergolong stabil di tengah guncangan ekonomi yang melanda Zona Eropa.

    Kedua kota itu menjadi pusat komoditas terkenal dunia mulai dari coklat sampai minuman bayi, dan juga sebagai central lembaga keuangan bonafid. Angka pengangguran di kedua kota itu tergolong paling rendah di dunia. Termasuk juga kecilnya angka orang miskin.

    Dampak dari kayanya sebuah kota berkaitan langsung dengan tingginya biaya hidup. Zurich termasuk salah satu kota paling mahal untuk biaya hidup. Begitupun Jenewa dan Kopenhagen.

    New York dan Los Angeles juga tercatat sebagai kota dengan penghasilan tinggi, dan tergolong kaya. Gaji tertinggi eksekutif keuangan di dunia ada di New York, yang mencapai ratusan juta dolar AS per tahunnya.

    Di 10 posisi kota terkaya di dunia, Asia tak punya wakil. Di urutan 19, ada Tokyo yang memang rata-rata GDP per kapita masih jauh di bawah beberapa negara Eropa. Namun demikian, Tokyo terpilih sebagai salah satu kota termahal di dunia.

    Oslo di Norwrgia pun tercatat sebagai kota terkaya dan termahal di dunia. Begitupun Muenchen (Jerman), Stockholm (Swedia), serta Sydney (Australia).

    Di urutan 20 besar, Inggris tidak memasukkan satu pun kotanya sebagai kota terkaya di dunia. London hanya berada di urutan ke-22 meski tergolong sebagai salah satu kota termahal di dunia untuk biaya hidup dan akomodasi.

    Bagaimana dengan Jakarta? Jakarta belum termasuk daftar 70 kota terkaya di dunia. Ada yang meramalkan, Jakarta baru bisa masuk 20 daftar terkaya pada 2020 atau paling lambat pada 2025.

    ===========List dan Foto 73 Kota Terkaya di Dunia: http://ketawing.wordpress.com

  2. #2
    ROLer New Comer
    Join Date
    Aug 2011
    Location
    bintaro
    Usia
    24
    Posts
    39
    Rep Power
    0
    zurich dan jenewa.....salut deh buat kamu....semoga jakarta bisa nyusul ya gan...

Bookmarks

Posting Permissions

  • You may not post new threads
  • You may not post replies
  • You may not post attachments
  • You may not edit your posts
  •