Membangun sistem informasi rumah sakit tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit, dan tidak ada salahnya anda mencoba dahulu versi gratis dari software rumah sakit yang tersedia di internet.

Software rumah sakit free : K-soft

Anda bisa mencoba software rumah sakit K-soft gratis dan tidak terbatas secara online melalaui link berikut ini :

http://tirtasoftware.com/ksoft
user : admin
pass : tos

Untuk informasi free training ( pelatihan gratis ) k-soft, anda bisa menghubungi :
CV. TIRTA BAROKAH MANDIRI
contact : Ahmad Faridi
Mobile : 0815-6211-535, 022 70739905
Komplek Manglayang Regency Blok G-2 NO 26 RT 001 RW 28
Desa Cimekar Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

K-soft adalah software yang kami kembangkan untuk pengelolaan administrasi Rumah Sakit mulai dari front office sampai dengan back office. Bisa juga digunakan sebagai software aplikasi apotek. Sistem informasi rumah sakit ini bersifat modular mulai dari pendaftaran pasien sampai dengan poliklinik. Software yang kami kembangkan adalah software yang telah memenuhi standar prosedur untuk Rumah Sakit Daerah (RSUD), namun demikian software ini juga mampu dikembangkan dan diadaptasi di Rumah Sakit swasta.
Aplikasi sistem informasi rumah sakit ini sangat mudah digunakan (user friendly). Hal ini terbukti dari sistem kami yang telah teruji dan dipakai di beberapa Rumah Sakit di indonesia.

Tujuan pengembangan Software Rumah Sakit K-soft :

Menyediakan informasi dan pengetahuan kepada petugas kesehatan(klinis) pada saat pelayanan
Memperbaiki workflow klinis dan mengeliminasi pekerjaan repetitif (ulangan) yang menurunkan produktivitas dan rawan terhadap error
Meningkatkan efektivitas, efisiensi dan keselamatan pasien
Mempercepat pelayanan(pendaftaran, billing, transaksi)
Mengurangi inefisiensi penggunaan bahan habis pakai, inventory dll
Mempermudah pembuatan laporan untuk manajemen dan surveilans kesakitan

Fungsi dan modul yang tersedia pada Sistem Informasi Rumah Sakit K-soft :

* Modul Medical Record
* Modul Poliklinik (Rawat Jalan)
* Modul Instalasi Gawat Darurat (IGD)
* Modul Rawat Inap
* Modul Laboratorium
* Modul Radiologi
* Modul Laporan Keuangan
* Modul Filling
* Modul Laporan

Berikut ini meruapakn penjelasan modul sistem informasi rumah sakit K-soft :

* Modul Poliklinik (rawat jalan). Modul ini merupakan aplikasi pengelolaan aktifitas di poliklinik. Modul ini meliputi penndaftaran pasien polikinik, Pemeriksaan pasien poliklinik dan statistik kunjungan polikinik
* Modul Instalasi Gawat Darurat. Modul IGD dalam aplikasi merupakan pengelolaan data pasien IGD yang meliputi beberapa modul antara lain : Pendaftaran pasien IGD, Pemeriksaan pasien IGD, sewa kendaraan, laporan pembagian jasa IRD dan statistic kunjungan.
* Modul Rawat Inap. Modul rawat inap dalam aplikasi ini meliputi pengelolaan data pasien Rawat Inap yang meliputi beberapa modul antara lain: Pendaftaran pasien rawat inap, pemeriksaan pasien rawat inap, pemulangan pasien rawat inap, pindah kamar pasien rawat inap dan statistic kunjungan pasien rawat inap.
* Modul Laboratorium. Modul laboratorium dalam aplikasi ini meliputi pengelolaan data pasien Laboratorium yang meliputi beberapa modul antara lain: Pendaftaran pasien laboratorium, pemeriksaan pasien laboratorium, pembagian jasa dan statistic kunjungan pasien laboratorium.
* Modul radiologi. Modul radiologi dalam aplikasi ini meliputi pengelolaan data pasien Radiologi yang meliputi beberapa modul antara lain: Pendaftaran pasien radiologi, pemeriksaan pasien radiologi, pembagian jasa dan statistic kunjungan pasien radiology.
* Modul Laporan Keuangan. Modul ini berisi data yang berkaitan dengan keuanga rumah sakit. Modul ini terdiri dari kasir, laporan keuangan bulanan, laporan pembayaran angsuran, laporan keuangan perpelayanan, laporan pembagian jasa karcis dan BHP serta laporan pembagian jasa tindakan dan kendaraan
* Modul Filling. Modul ini berkaitan dengan administrasi dan kearsipan data-data pasien yakni data medical record. Data- data pasien seringkali dipinjam dan dibawa untuk keperluan pemeriksaan oleh dokter sehingga dibuatlah modul filling agar data-data tersebut dapat di manajemen dengan baik dan rapi untuk meminimalkan kerusakan dan kehilangan data pasien. Modul filling terdiri dari mencetak tracer kunjungan pasien, peminjaman berkas, pengembalian berkas
* Modul Pelaporan. Modul ini berisi laporan laporan seluruh kegiatan rumah sakit meliputi laporan distribusi pasien rumah sakit, laporan statistic penyakit,laporan statistic kunjungan, laporan rekapitulasi, laporan eksternal dan laporan performance rumah sakit.