Jumlah pengguna Internet di Indonesia masih di bawah 10 persen jumlah penduduk. Tapi dalam soal sosial media, prosentase Indonesia menjadi nomor satu. Dari seluruh pemakai internet, sekitar 83 persen mengunjungi sosial media seperti situs jejaring sosial, forum dan situs. Pengguna Internet Indonesia juga termasuk tinggi dalam memanfaatkan surat elektronik. Jauh di atas Amerika Serikat dan Jepang.

Lembaga survey Ipsos memuat hasil survey yang menggambarkan kecenderungan pengguna internet berkomunikasi. Ipsos mensurvei 19 ribu responden usia 16-64 tahun di 24 negara, termasuk Indonesia. Wawancara dan survei berlangsung pada 7-21 Februari 2012.



Dari total pengguna Internet yang disurvei, mayoritas, 85 persen memilih menggunakan alat komunikasi melalui surat elektronik. Sedangkan 62 persen memanfaatkan sosial media, 14 persen melalui voice-over IP (VoIP), dan hanya 11 persen situs kencan online. "Email masih menjadi raja, namun sosial media menempel ketat," tulis Ipsos dalam rilisnya.

Sebagian responden menyatakan menggunakan email, kecuali Arab Saudi, 46 persen. Pengguna Internet yang memanfaatkan surat elektronik terbesar adalah Hungaria 94 persen. Setelah itu Swedia 92 persen, Belgia 91 persen, Indonesia 91 persen, Argentina 90 persen dan Polandia 90 persen. Amerika Serikat hanya 88 persen dan Jepang 75 persen yang aktif memakai layanan surat digital itu.

Indonesia menjadi nomor satu pengguna layanan sosial media, 83 persen. Pengguna sosial media besar juga di Argentina 76 persen, Rusia 75 persen, Afrika Selatan 73 persen, Swedia 72 persen dan 71 persen. Dari 24 negara yang disurvei, Jepang malah paling sedikit menggunakan sosial media, yakni 35 persen.

Pemakai tebesar telepon lewat internet atau VoIP adalah Rusia 36 persen, Turki 32 persen, serta India 25 persen. Indonesia berada di urutan 11 dengan jumlah 13 persen.

Baca kelanjutannya ; http://plasadana.com/konten.php?kanal=8&id=876