Announcement

Collapse
No announcement yet.

Pertumbuhan Minimarket Indonesia Mencengangkan

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Pertumbuhan Minimarket Indonesia Mencengangkan

    Minimarket atau Gerai ritel di Indonesia secara keseluruhan mengalami perkembangan yang positif dalam 10 th. paling akhir, baik ritel swalayan ataupun ritel non swalayan yang meraih kira-kira lebih 765 ribu gerai.

    " Perkembangan gerai tersebut di dominasi oleh ritel tradisional sejumlah 750 ribu gerai atau tumbuh sebesar 42% serta ritel moderen dalam format mini market dengan perkembangan sejumlah 16 ribu gerai atau tumbuh sebesar 400%, " tutur Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Srie Agustina di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta Pusat, Kamis (30/1/2014).

    Prospek perubahan usaha ritel serta pusat berbelanja ini dinilai makin lebih baik bila dipandang dari perkembangan ekonomi Indonesia yang meraih rata-rata 6% per th. dengan tingkat konsumsi dari publik domestik meraih 54, 56% dari Product Domestik Bruto (PDB).

    Besarnya tingkat konsumsi domestik ini didorong oleh besarnya jumlah masyarakat Indonesia yang meraih 250 juta jiwa dengan susunan masyarakat berumur dibawah 39 th. yang meraih 60% dan masyarakat kelas menengah yang meraih 45 juta jiwa pada 2014. Tidak heran permintaan Rak Minimarket terus mengalami peningkatan.


    Menurut Srie, Kemendag juga selalu mendorong penguatan daya saing ritel tradisional dan selalu mendorong penambahan jumlah serta kwalitas pengelolaan pasar tradisional.

    " Kami mengharapkan supaya pasar tradisional yang sejumlah saat ini mencapai lebih dari 9. 500 unit itu bisa tumbuh serta berkembang cocok, sama-sama membutuhkan, sama-sama menguatkan, dan sama-sama menguntungkan dengan pelaku usaha sejenis yang lain, " lanjutnya.

    Diluar itu, Kemendag juga selalu mendorong perkembangan product dalam negeri dengan dikeluarkannya Permendag nomer 70 th. 2013 yang salah satu butir berisi tentang keharusan pelaku usaha untuk memberi jumlah spesifik, minimum 80%, pada pemasaran product dalam negeri di gerai pusat pembelanjaan serta toko moderen yang berkaitan.

    Jumlah sebesar itu diinginkan bisa terisi lantaran Pemerintah sudah lakukan beragam usaha untuk mendorong hal itu. Srie juga menuturkan, Kemendag dengan cara berkepanjangan lakukan usaha pembinaan pada beberapa penyuplai dalam negeri. Usaha itu dikerjakan berbentuk pemeran product unggulan lokal dan fasilitasi kemitraan pada toko moderen/pusat perbelanjaan dengan penyuplai.

    " Usaha itu dikerjakan supaya product dalam negeri bisa penuhi kriteria atau standard yang diputuskan toko swalayan serta pusat perbelanjaan, " tandasnya
    Rak Gondola murah atau rak toko Modern. Harga Rak minimarket Swalayan dan rak supermarket berkualitas tinggi. Untuk wilayah rak minimarket Jogja, rak toko solo, jakarta, Yogyakarta, semarang, surabaya dan Indonesia.

  • #2
    Tempat ane aja udah banyak banget padahal masuk ke perkampungan.

    Berapa meter ada minimarket... Apalagi sekarang ada lahan kosong banyak. Khawatir jg, bikin usaha rakyat kecil terkikis.



    Jasa SEO | CCTV Samsung
    Last edited by seoweb; 09-13-2015, 09:40 AM.

    Comment


    • #3
      Sebenernya kalau ada keseimbangan antara pengusaha lokal dan nasional justru akan sangat bagus mas, masalahnya pengusaha nasional seringkali tidak banyak memberikan kesempatan dan pengusaha lokal tidak aware terhap peluang minimarket, giliran sudah banyak minimarket baru terasa. Saya juga mempunya koperasi yang juga melayani jasa Jual Rak Minimarket Jogja dan merasakan betul bagaimana tingkat persaingan sedemikian tinggi
      Last edited by blucduc; 04-02-2016, 09:18 PM.

      Comment


      • #4
        Seandainya para pengusaha kecil itu saling mau bekerjasama, maka usaha rakyat yang tadinya kecil bila digabungkan akan menjadi usaha yang besar juga
        Iklan Baris Gratis Online | Media Iklan Baris Gratis | Iklan Baris Gratis Jual Beli | Jasa Pasang Iklan Gratis | Pasang Iklan Baris Online

        Comment


        • #5
          Minimarket emang gila. Walau banyak minimarket, saya kadang masih lebih suka milih di warung kecil buat bantuin tetangga.
          Ke minimarket kelau kepepet aja.
          Siapa bilang terjemahan Bahasa Inggris itu sederhana.

          Comment

          Working...
          X