Announcement

Collapse
No announcement yet.

Diduga Ada CPNS “Siluman” Ikut Orientasi

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Diduga Ada CPNS “Siluman” Ikut Orientasi

    Sekelompok masyarakat Kabupaten Buton Utara (Butur) kemarin (18/5), mendatangi kantor Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Butur. Kehadiran mereka untuk mengklarifikasi tambahan 15 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) lulusan jalur umum 2014 lalu, yang diikutkan dalam kegiatan orientasi.

    Massa menduga, tambahan yang diikutkan dalam kegiatan orientasi itu merupakan CPNS bodong alias CPNS gelap yang tidak lulus pada saat penerimaan seleksi CPNS lalu. Tetapi mereka diusulkan untuk mengikuti orientasi.

    “Kedatangan kami ingin mempertanyakan dan mengklarifikasi pernyataan kepala BKD yang mengungkapkan bahwa ada tambahan peserta CPNS yang akan mengikuti masa orientasi di Butur selama beberapa hari ini. Mereka itu lulusan tahun berapa dan melalui jalur apa?” protes La Ode Rahmat.

    Sepengetahuannya, tidak ada informasi akan ada tambahan atau CPNS susulan pada saat penerimaan abdi negara pada tahun lalu. Herannya, tiba-tiba ada informasi bahwa ada susulan peserta orientasi yang dinyatakan lulus sebagai CPNS angkatan 2014.

    “Kalau kondisinya seperti ini berarti pada saat perekrutan CPNS lalu, tidak transparan. Dan kami yakin ini adalah permainan oknum. Sebab dari sekian peserta tambahan itu, ada salah seorang teman kami yang tidak masuk namanya dalam daftar pengumuman kelulusan, tetapi ikut orientasi. Jadi ada indikasi permainan gelap dalam penerimaan CPNS Butur,” tudingnya.

    Kata dia, formulasi yang dikeluarkan panitia seleksi nasional (Panselnas) pada tahun lalu, kuota Butur hanya diberikan sebanyak 121 orang. Tetapi yang dinyatakan lulus hanya 106 orang. Dengan bertambahnya 15 orang itu, maka kebutuhan yang diberikan panselnya yakni 121 kuota, terpenuhi.

    Sekretaris daerah (Sekda) Butur, La Djiru, SE, M.Si., saat dikonfirmasi Senin (18/5) kemarin, tidak mengetahui secara pasti adanya tambahan tersebut. Bahkan ia memastikan bupati dan wabup tak mnegetahui hal itu.

    “Saya belum tau adanya tambahan itu. Nanti dikonfirmasi kepada BKD,” tutur, La Djiru.

    Terpisah, Kepala BKD Butur, Drs. La Ode Abdul Mustari, membenarkan adanya tambahan tersebut. Menurutnya, pihaknya hanya menerima surat pemberitahuan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN), bahwa akan ada tambahan peserta orientasi di Butur.

    “Tidak ada itu yang namanya CPNS gelap atau ilegal dalam perekrutan CPNS 2014 lalu. Tambahan yang 15 orang ini adalah peserta CPNS yang lulus vertikal. Dan yang memerintahkan untuk mengikuti orientasi di Butur, itu dari BKN langsung, bukan permintaan dari BKD Butur. Kami hanya menerima undangan bahwa ada tambahan peserta orientasi dari pusat,”tutur, La Ode Abdul Mustari.

    Peserta tambahan 15 tersebut lanjut dia, yang mengikuti seleksi di Jakarta. Tidak ada hubungannya dengan penerimaan CPNS di Butur. “Jadi tidak ada yang namanya CPNS siluman. Yang utus mereka datang disini adalah BKN, bukan permintaan BKD Butur,”jelasnya.

  • #2
    Kok bisa ada CPNS siluman seperti itu ya, pasti ada oknum dibalik peristiwa ini




    __________________________________________________ ____
    Dapatkan informasi harga sewa mesin fotocopy dan printer secara lengkap dan mudah di Rajaprinter.id
    Last edited by ipik44; 12-15-2017, 04:56 PM.

    Comment

    Working...
    X