Announcement

Collapse
No announcement yet.

Kriteria Layanan Colocation Server yang Kredibel

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Kriteria Layanan Colocation Server yang Kredibel

    Attachment
    Layanan Web Hosting merupakan suatu fasilitas layanan internet yang disewakan pada perorangan ataupun perusahaan. Layanan internet tersebut berupa penyediaan sumber daya server yang dapat menempatkan informasi pada jaringan internet seperti HTML, FTP, EMAIL atau DNS. Salah satu layanan Web Hosting tersebut adalah Colocation Center.

    Layanan ini memungkinkan bagi para pengguna untuk menitipkan server pada pusat data. Server yang dititipkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari pengguna jasa. Mulai dari mengontrol server hingga melakukan upgrade hardware. Pihak pusat data sebagai penyedia jasa hanya bersifat mengawasi sistem keamanan dari server tersebut.

    Dalam memilih pusat data sebaiknya Anda lebih cermat dalam memilih. Karena penyedia jasa Colocation Server saat ini sudah mulai menjamur. Berikut ini adalah beberapa kriteria utama dari data center yang baik.
    • Sistem keamanan
    Sistem keamanan pusat data meliputi CCTV serta akses untuk memasuki area data server yang dititipkan.
    • Infrastruktur IT
    Infrastruktur IT yang memadai pada colocation data center meliputi, tenaga listrik, sistem monitoring server, sistem pencegahan terhadap bencana, serta koneksi dari jaringan pusat data.
    • Tenaga IT
    Pusat data yang memiliki sertifikasi yang baik tentunya akan mempekerjakan tenaga IT yang handal untuk selalu melakukan monitoring terhadap gangguan beberapa server yang dititipkan.
    • Lokasi
    Lokasi menjadi kriteria terakhir yang wajib Anda pikirkan sebelum menitipkan server Anda. pastikan lokasi dari pusat data aman baik secara security ataupun dari berbagai bencana alam.

    Penyedia jasa layanan Data Center biasanya dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi, aplikasi online, telekomunikasi atau provider, hingga UKM. Tentu ada banyak alasan mengapa layanan ini banyak dipilih. Yang paling utama adalah adanya keefektivitasan dalam hal biaya operasional. Semakin terjangkau biaya operasional suatu perusahaan, tentu akan semakin menambah keuntungan yang didapat.

    Setiap Colocation Server memiliki kebijakan serta standarisasi tersendiri terhadap pengguna jasa mereka. Namun pada intinya, sebaiknya Anda memperhatikan kriteria utama yang telah dijelaskan di atas. Semoga ulasan ini bisa menjadi referensi menarik untuk Anda.
    Layanan Web Hosting merupakan suatu fasilitas layanan internet yang disewakan pada perorangan ataupun perusahaan. Layanan internet tersebut berupa penyediaan
    Last edited by jodiwruck; 02-09-2018, 04:41 PM.
Working...
X