Announcement

Collapse
No announcement yet.

[Tutorial] Cara Menginstall Google Play Store di ROM MIUI Terbaru

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • [Tutorial] Cara Menginstall Google Play Store di ROM MIUI Terbaru

    Halo member republika, kali ini saya ingin sharing pengalaman cara menginstall Google Play Store di ROM MIUI yang tidak terinstall gplay secara default (tidak pre-installed). Hal ini saya alami saat saat menginstall ROM MIUI di Android saya di smartphone lama saya LG G2. Sebenarnya tanpa google play, kita tetap bisa menginstall aplikasi di smartphone kita melalui file APK, tapi cara tersebut saya rasa terlalu ribet.

    Untuk menginstall gplay di device kita, diperlukan google play store apk yang dapat anda download di situs-situs penyedia file APK. Namun sebaiknya kita mendownloadnya pada situs terpercaya seperti APKMirror atau beberapa situs lain, biasanya saya lebih memilih mendownload di situs yang paling tidak situs tersebut menyediakan info SHA1SUM atau MD5SUM seperti AndroidAPKsBox atau situs lain. Hal ini untuk menghindari malware yang dimasukkan di file APK.

    Untuk ROM MIUI MOD terkadang tidak terdapat google play store secara default. Begitu juga apps pendukung atau biasanya disebut GAPPS. Sehingga kita harus menginstallnya terlebih dahulu. Jika tidak maka gplay memang dapat dibuka namun akan stuck di proses "checking info", seperti pengalaman saya. Langsung saja ke tutorialnya.

    1. Download aplikasi-aplikasi di bawah yang diperlukan dari situs-situs terpercaya seperti apkmirror, androidapksbox atau apkpure.
    • Google Service Framework
    • Google Account Manager
    • Google Play Services
    • Google Contact Sycn
    • Google Play Store
    Saat mendownload, anda harus melihat spesifikasi yang dibutuhkan. Misalnya versi minimal dan maksimum OS yang didukung di versi tersebut, dpi, dan arsitektur (ARM/ARM64/X86). Anda harus mencocokkan dengan device anda.

    2. Setelah mendownload 5 apk tersebut, simpan di smartphone anda dan buka file manager. Masuk ke folder dimana apk tersebut anda simpan.
    3. Install secara berurutan apk tersebut yaitu dimulai dari google account manager, google service framework, google play services, google contact sycn, dan terakhir google play store.

    Ingat, jangan buka aplikasi tersebut sebelum semuanya terinstall.

    4. Setelah semua terinstall, anda dapat membuka google play store dan login ke akun anda atau membuat akun baru.

    Semoga bermanfaat share dari saya.
Working...
X