Announcement

Collapse
No announcement yet.

Syarat dan Specifikasi Scaffolding yang aman untuk pekerjaan konstruksi

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Syarat dan Specifikasi Scaffolding yang aman untuk pekerjaan konstruksi

    Pada tulisan kali ini saya akan mengajak kamu melihat dunia konstruksi, untuk tambah wawasan. Salah satu alat penting yang banyak digunakan dalam membantu perkejaan kontruksi adalah scaffolding . Scaffolding adalah suatu struktur sementara yang berfungsi untuk menyangga manusia dan material dalam konstruksi atau perbaikan gedung dan bangunan-bangunan besar lainnya. Biasanya scaffolding berbentuk suatu sistem modular dari pipa atau tabung logam, meskipun juga dapat menggunakan bahan-bahan lain. Scaffolding mempunyai jenis dan ukuran yang berbeda beda menurut fungsinya dan area yang akan digunakan. Tapi penggunaan scaffolding harus hati hati karena digunakan untuk bekerja di tempat yang tinggi. berikut beberapa syarat scaffolding agar aman untuk bekerja di kontruksi

    -Material untuk perancah harus kuat dan bersih dari bahan bahan yang licin seperti grease, oli.

    -Rangka, lantai kerja, tangga naik, lantai dasar scaffolding, harus bersih dari minyak, gemuk, lumpur dan bahan-bahan lain yang dapat membahayakan penggunanya

    -Perancah yang kondisinya tidak sempurna seperti bengkok atau doyong atau karatan sebaiknya tidak digunakan.

    -Untuk perancah dari jenis yang dapat dipindahkan (mobile scaffolds) yang mempunyai roda kecil pada empat sudutnya sebelum digunakan harus dicek bahwa keempat rodanya betul-betul terkunci.

    -Jangan menggabungkan bagian-bagian dari scaffolding dari produsen yang berbeda.

    -Untuk bekerja di ketinggian lebih dari 10 meter, perancah yang digunakan harus dalam kondisi yang sangat baik. Hal ini penting khususnya untuk konstruksi utama seperti pembangunan tangki dan lain-lain.

    -Scaffolding harus diletakkan pada pondasi yang kuat dan rata. Tanah atau pondasinya harus mampu menahan berat scaffolding dan berbagai baban yang akan diletakkan diatasnya. Hati-hati terhadap rongga-rongga kosong seperti ruang bawah tanah atau timbunan tanah lembek, yang mengakibatkan anjungan dapat roboh bila memperoleh beban. Berikan pendukung tambahan bila diperlukan.

    -Papan-papan di scaffolding didukung penuh dan tidak menggantung.
    Papan (planks) harus menutup minimal 3/4 bagian dari luas lantai kerja, dan terkait kuat pada struktur perancah. Papan harus kuat dengan ketebalan minimal 1 inchi. Menggunakan papan yang rapuh dan retak tidak dibenarkan

    -Scaffolding harus mampu menahan beban yang akan diletakkan diatasnya. Scaffolding biasanya tidak dirancang untuk memikul beban berat diatas anjungan kerjanya.

    -Scaffolding dirancang, dibangun, diubah dan dibongkar oleh petugas yang ahli dan juga dipimpin oleh supervisor yang ahli.

    -Scaffolding dipelihara sesuai dengan petunjuk dari produsennya dan standar industri.
    -Bagian-bagian dari scaffolding yang rusak atau lemah harus segera diperbaiki atau diganti.
    -Jangan menggunakan kotak, drum, batu bata, atau balok beton untuk mengganjal atau mendukung scaffolding

    -Scaffolding meletakkannya harus datar ditahan atau diikat pada suatu struktur permanen atau lainnya yang stabil. Rangka ini akan stabil bila ditahan dan ditegakkan dengan baik. Letakkan penghubung rangka pada tempatnya saat scaffolding ditegakkan.

    -Lebar scaffolding , lantai kerja, harus cukup untuk bekerja dan meletakkan bahan-bahan. Lebarnya jangan kurang dari 46 cm.

    Sekian dulu ya semoga bermanfaat.
    sumber : www.jayawijayascaffolding.com


    Click image for larger version

Name:	cdd6adafc4d24574cf1bbf2563550840.jpg
Views:	1
Size:	82.1 KB
ID:	1055
    Last edited by andrejogja2015; 05-04-2014, 06:43 PM.

  • #2
    thanks infonya gan keamanan tetap diutamakan ane setuju
    -----------------------------

    Comment


    • #3
      agan kayaknya udah paham bener dunia konstruksi, bisa bagi informasinya dong gan supplier pipa murah tapi terpercaya dan berkualitas dari sisi pelayanan dan produknya.
      Last edited by cengcengpho; Yesterday, 09:37 AM.

      Comment

      Working...
      X