Announcement

Collapse
No announcement yet.

Resep Nasi Briyani Khas India yang Enak

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Resep Nasi Briyani Khas India yang Enak

    Resep Nasi Briyani Bagi pecinta kuliner India mungkin sudah tidak asing lagi dengan nasi briyani yang merupakan salah satu masakan terkenal dari India. Menu masakan ini bisa dengan mudah di temukan di berbagai tempat di India, di pinggir jalan maupun di restoran-restoran.
    Biasanya nasi briani di gunakan sebagai menu santap siang hari, tidak perduli cuacanya panas maupun hujan bagi mereka menu satu ini merupakan menu wajib untuk mengganjal perut.


    Terbuat dari bahan utama dari nasi putih dengan tambahan lauk daging ayam atau kambing sebagai pelengkapnya. Memiliki cita rasa nikmat, dan sangat khas sebagai masakan India yang terkenal akan rasa karenya yang kuat. Untuk mencicipi masakan ini cukup sulit di Indonesia, karena tidak banyak orang yang membuatnya. Mungkin hanya bisa kita temukan di berbagai restoran India yang khusus menjual menu masakan India.

    Daripada bingung mencari-cari menu masakan ini, bagaimana jika membuatnya sendiri di rumah?. Berikut ada resep nasi briyani beserta cara membuatnya, yang bisa anda coba.
    Resep Nasi Briyani yang Enak

    Berikut ini Resep Masakan Kreasi bagikan untuk anda resep nasi briyani yang bisa anda cobain sendiri di rumah. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan berikut ini:
    Bahan utama
    Beras Basmati 500 gram
    Air jeruk lemon 1 sdm
    Garam 1 sdt.
    Mentega 50 gram.
    Saffron 1 sdt, larutkan dalam 2 sdm air panas (jika tidak ada tidak perlu ditambahkan)

    Bahan pelengkap
    Ayam 1 ekor ( 800 gram).
    Yogurt tawar 300 ml.
    Cabai halus 2 sdt.
    Daun ketumbar cincang 1 sdm.
    Daun mint cincang 1 sdm.
    Kapulaga 6 butir.
    Cengkeh 6 butir.
    Kayu manis 5 buah.
    Minyak goreng 3-4 sdm.
    Bawang merah 200 gram, iris tipis.
    Bawang putih bubuk 1 sdm.
    Jahe bubuk 1 sdm.
    Pala bubuk sdt.
    Merica bubuk 1 sdt.
    Garam 1 1 sdt.

    Cara Membuat Nasi Briyani

    • Campurkan bawang putih, jahe, pala, merica, garam lalu haluskan. Sisihkan dulu, Potong ayam jadi 12 potong, campurkan ayam dengan yogurt, cabai, daun mint, daun ketumbar, kapulaga, cengkih, kayu manis, dan bumbu halus yang telah dihaluskan tadi. Aduk-aduk hingga rata dan simpan pada lemari es.
    • Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng, tumis bawang merah hingga tercium bau harum. Masukkan ayam yang sudah di simpan dalam lemari es, aduk-aduk hingga ayam matang dan mengental setelah itu angkat dan sisihkan.
    • Rendam beras selama 30 menit dalam air, setelah itu cuci bersih dan siapkan panci untuk menanak nasi campurkan dengan air kurang lebih 600 ml. Masukkan juga perasan air jeruk lemon, garam, mentega 30 gram ke dalam beras kemudian aduk hingga rata. Dan masak lagi sampai air terserap dan beras menjadi nasi aron.
    • Campur safron dengan nasi, gunakan hanya 2/3 nasi dengan 1 sdt larutan saffron bila tidak ada safron tidak perlu di campurkan.
    • Campurkan nasi dengan 2/3 bagian ayam yang telah di bumbui tadi, aduk-aduk hingga rata lalu sisihkan. Untuk sisa nasi bisa di tambahkan juga dengan ayam sisa lalu aduk-aduk lagi hingga rata.
    • Gunakan wadah kuning, aduk asal. Lalu pindahkan ke dalam dandang yang telah dipanaskan, tambahkan sisa mentega pada permukaan nasi, taburi juga dengan daun mint dan daun ketumbar cincang. Masak lagi selama 30 menit hingga matang.
    • Setelah matang hidangkan nasi pada piring saji bisa ditambahkan kismis, kenari ataupun telur rebus sebagai tambahan.
    Walaupun dalam pembuatan resep nasi briyani bahan yang digunakan cukup banyak, dan cukup ribet bagi orang awam. Tapi hasil dan cita rasanya setara dengan proses memasak. Jadi anda tidak akan kecewa nantinya jika ingin mencoba membuatnya, selain itu mencari restoran yang menjual masakan khas India juga cukup sulit. Sehingga dengan membuat nasi briyani sendiri bisa menghilangkan rasa penasaran akan cita rasa masakan ini.
Working...
X