Announcement

Collapse
No announcement yet.

Turis Asing Habiskan Rp31,4 M di Banyuwangi

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • Turis Asing Habiskan Rp31,4 M di Banyuwangi



    SURABAYA - Tingkat kujungan pariwisata di Kabupaten Banyuwangi terus meningkat. Imbasnya, para turis tersebut membelanjakan uangnya di kabupaten yang berjuluk Sun Rise East Java. Dari hasil survei Alvara Strategic Research, Jakarta, belanja turis asing di Banyuwangi berkisar Rp3 juta per turis dengan lama kunjungan 2,5 hari. Artinya, ada dana mengalir ke Banyuwangi selama 2013 dari turis asing saja sebesar Rp 31,4 miliar.
    Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, dari tahun ke tahun tingkat kunjungan pariwisata kabupaten Banyuwangi terus meningkat. ”Kami bersyukur kunjungan wisatawan terus meningkat, padahal dana promosi wisata minim, hanya sekitar Rp 2 miliar. Kami banyak menggandeng pihak lain untuk berpromosi, termasuk aktif di social media yang sangat cepat menyebarkan berbagai potensi destinasi wisata Banyuwangi,” kata Anas di Surabaya, Minggu (18/5/2014).

    Anas menjelaskan, di Banyuwngi saat ini yang lebih banyak menarik perhatian adala Sport Tourism. Destinasi ini yang menjadi andalan Kabupaten Banyuwngi dan sangat potensial. Pada tahun 2000, The British Tourist Authority dan English Tourism Board menyatakan, 20 persen dari jumlah total wisatawan yang datang ke Inggris adalah wisatawan olahraga. Di Kanada, 37 persen perjalanan di negara tersebut dilakukan oleh wisatawan olahraga.

    "Saat ini sudah ada universitas yang fokud pada pengembangan sport Tourism. Australia merancang Nasional Sport Tourism Strategi pada tahun 1999. Australia giat memacu sektor ini. Konsep Sport Tourism memnang mempunyai ceruk pasar yang cukup besar dan potensial," jelas Anas.

    Untuk Banyuwangi, Sport Tourism yang menjadi adalan adalah Tour de Ijen dan Surfing Competition. Sejumlah dampak positif telah lahir dari ajang wisata olahraga, dan diharapkan terus menggelinding menjadi bola salju untuk menunjang pembangunan daerah.Sport tourism menjadikan olahraga sebagai pintu untuk membawa banyak manfaat bagi ekonomi lokal. Daerah bisa berpromosi untuk mengajak wisatawan dan investor.

    Selain itu, sport tourism juga menjadi sarana konsolidasi infrastruktur. Melalui ajang wisata olahraga, daerah harus memperbaiki dan membangun jalan hingga ke pelosok-pelosok desa untuk memudahkan akses bagi wisatawan dan peserta lomba. ”Misalnya saat Tour de Ijen, kami memastikan 600 kilometer jalan berkualitas sangat bagus. Kemudian untuk International Surfing Competition, kami pastikan akses jalan ke lokasi sangat bagus. Perbaikan jalan ini tentu tidak hanya berguna pada saat lomba saja, melainkan akan membantu mobilitas penduduk lokal untuk menggerakkan ekonomi daerah,” pungkas Ketua Ikatan Sarjana Nahdotul Ulama (ISNU) Jawa Timur ini.

    SUMBER
    -----------------------------

  • #2
    Potensi besar untuk banyuwangi, perlu upaya kuta untuk membuat banyuwangi go internasional. Dari rak Toko Banyuwangi murah berkualitas
    Jual rak minimarket banyuwangi langsung pabrik. Rak toko banyuwangi kami terbukti kuat. Kami juga melayani jasa konsultan minimarket banyuwangi

    Comment


    • #3
      emang dah bikin artikel traveling kadang perlu ide nyeleneh, kaya artrikel ini nih bikin mau klik padahal mah maksud dari judulnya bukan itu hahaha
      Dongeng dan cerita travel dari segala pengalaman untuk di share menjadi artikel seru untuk dibaca maupun dijadikan panduan wisata seluruh tujuan wisata.
      Ezytravel Blog | Artikel Traveling |

      Comment


      • #4
        Cek informasi tempat wisata dan tempat penginapan di MALANG, disini.

        Comment

        Working...
        X