Announcement

Collapse
No announcement yet.

(Wajib Coba!) Short Trip di Lombok? Yuk Cobain City Tour Aja!

Collapse
X
  • Filter
  • Time
  • Show
Clear All
new posts

  • (Wajib Coba!) Short Trip di Lombok? Yuk Cobain City Tour Aja!

    WELCOME

    One Day Trip di Lombok - What can you do if you have only 24 hours to explore a city? Ini pertanyaannya! Sebenarnya jawabannya bisa sangat beragam, tergantung preferensi masing-masing orang. Saya pribadi jika hanya punya 24 jam vacation time, maka saya memilih untuk hopping from one place to another in town, alias wisata dalam kota saja! City tour di Lombok akan tetap spesial, karena rekomendasi tempat yang akan saya bocorin sekarang, basically covers everything, from nature to historical place. Keuntungan lainnya adalah jarak yang dekat, ramah di kantong, and of course save much of your energy!

    Well, this might be a little subjective, you may agree to disagree, hehehe..tapi ini adalah rute yang saya rekomendasikan bagi Ezytravelers yang punya waktu liburan singkat, dan nggak pengen jalan-jalan terlalu jauh. Here we go!

    Tour kali ini akan dipusatkan di kota Mataram, ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat. Let's say, we start at 6.30 a.m. in the morning and completely done at 6 p.m. in the evening. Total waktu yang kita butuhkan untuk tur ini adalah 12 jam dengan total budget minimalis.

    Untuk kendaraan bisa sewa sepeda motor atau mobil, meski sebenarnya lebih asyik dengan sepeda motor karena jarak antar lokasi yang tak begitu jauh. Berbekal city map dan sesekali GPS (real GPS atau gunakan penduduk sekitarā€) kita pasti bakal sampai di lokasi. Iya, Mataram emang sesimpel itu. Hehehe.

    Baca Juga :


    Coba Jajanan Pasar

    Karena perjalanan kita dimulai pada pagi hari, so mari mencoba sesuatu yang berbeda! Sarapan murah meriah dan lezat bisa didapat di pasar tradisional. Di kota Mataram, ada banyak pilihan. Ezytravelers bisa ke pasar Cakra, pasar Dasan Agung, atau pasar Ampenan.

    Keduanya adalah surga kuliner murah. Pilihan menu breakfast pagi hari bisa berupa jajanan tradisional, jajanan basah, jagung urap, atau nasi daun dengan harga IDR 5K (or more if you want!). Murah, puas! Sambil belanja sarapan, kita bisa muter-muter di pasar, merasakan suasana jual-beli, tawar-menawar. Good people, fresh food.


    Next, take away breakfast tadi bakal lebih seru jika kita nikmati di pantai. Suasana pantai di pagi hari masih lengang. Bonusnya adalah, melihat aktifitas nelayan di pagi hari yang baru saja kembali dari melaut. Segerrr!


    City Tour Pertama

    Biar nggak cuma fun doang, destinasi berikutnya untuk city tour di Lombok ala Eliyan, adalah art and green time! Dua lokasi yang saya rekomendasikan adalah Bank Sampah NTB Mandiri dan Paper Craft di The Griya Lombok.


    Sekarang makin banyak hal yang bisa dinikmati di NTBM, bukan hanya produk-produk berbahan limbah plastik, tapi ada juga mini garden yang bisa bikin betah, dan Pstttt sayur segarnya bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Oyiii! Sempatkan juga mampir di The Griya Lombok menikmati orange juice sambil bersantai di lantai atas setelah puas melihat-lihat paper art. Di dua tempat ini, Ezytravelers bisa pulang dengan bawa oleh-oleh with cheapest price at IDR 10k-25k.



    Makan siang dulu yuk

    Based on my time estimation, pukul 12 siang adalah waktu maksimal kita di dua tempat terakhir tadi. So, It's lunch time, now! Melipir sebentar yuk ke depot legend Ramayana di Ampenan. Konon depot ini sudah ada sejak tahun 70-an. Menunya beragam mulai dari lontong Cap Go Meh sampai nasi campur. Must try? Es teler super seger. Di Tripadvisor, ada yang menyebut depot ini sebagai small warung with nostalgic feeling. So sweet.




    City Tour Kedua dan Sunset yang Indah

    Perut kenyang, hati tenang, hehe. Next destination city tour di Lombok adalah Islamic Center Lombok. Bagi traveler Muslim, bisa menyempatkan diri untuk sholat disini. Selain menikmati desain interior, foto-foto adalah hal yang wajib dilakukan di Islamic Center. Biasanya ada local guide yang juga akan menjelaskan sejarah bangunan dan filosofinya.


    Di Islamic center kita bisa merasakan kentalnya nuansa islam. Di destinasi berikutnya kita akan merasakan nuansa Hindu Bali, tepatnya di Pura Mayura Lombok. Pura ini adalah pura Hindu terbesar di pulau Lombok. Disini, Ezytravelers bisa merasakan perpaduan sentuhan jawa kuno, Bali dan Lombok di satu tempat. Taking picture is a must!


    Next, you may have a stop at Udayana Park. Ezytravelers bisa menikmati suasana taman hijau sembari memesan minuman atau sate bulayak yang disediakan di hampir setiap gerai kaki lima.


    Akhir dari city tour di Lombok adalah menikmati sunset di pantai Senggigi. Well, Senggigi memang masuk ke wilayah administratif Lombok Barat, dan menjadi salah satu sunset spot kece di Lombok.



    Well, finally it's done!

    Here's the summary of city tour di Lombok versi Eliyan! Total waktu dan perkiraan bujet plus transport dihitung sendiri yaa..hehe.


    Penasaran pengen coba sendiri? Yuk ah, ditunggu di Lombok!

    kalo agan tertarik sama thread ini boleh dong bagi yang seger seger nya :cendolgan :cendolgan

    Baca Juga :



    Ezytravel Blog | Artikel Traveling |
Working...
X